7.16.2014

Budidaya Rumput Laut



Rumput laut merupakan salah satu komoditas perikanan budidaya unggulan di Indonesia. Rumput laut yang telah menjadi komoditas budidaya ada 2 jenis, yaitu Gracilaria spp dan Eucheuma spp. Dalam upaya meningkatkan kontribusi rumput laut terhadap pembangunan nasional maka pemerintah menetapkan strategi sebagai berikut :

1. Pengembangan secara bertahap di daerah potensial

2. Penyediaan bibit yang cukup dan berkualitas

3. Pembinaan yang intensif

4. Pendekatan sistem bisnis perikanan

Budidaya rumput laut merupakan salah satu budidaya perikanan yang diharapkan sebagai andalan dan memberi kontribusi yang besar bagi peningkatan produksi bidang perikanan Indonesia. Selama ini metode yang digunakan untuk budidaya rumput laut ada 3 macam, yaitu:
 
1. Metode lepas dasar dengan menggunakan patok-patok kayu

2. Metode rakit dengan menggunakan kerangka bambu

3. Metode tali rentang dengan menggunakan tali dan pelampung

Untuk budidaya dengan metode tali dan pelampung, dapat dilakukan dengan peralatan yang sederhana yaitu dengan menggunakan botol air mineral bekas ukuran 600 dan 1500 ml. Penggunaan botol bekas ini mempunyai beberapa keuntungan, antara lain :

1. Murah dan mudah didapat

2. Memanfaatkan limbah

3. Aman, tidak ada yang mencuri, karena harganya murah

Dalam teknik budidaya rumput laut, yang harus diperhatikan adalah tempat rumput laut mengapung tidak boleh tepat di permukaan air, melainkan harus berada pada kedalaman 10 – 15 cm di bawah permukaan air. Hal lain yang perlu mendapat perhatian selama masa pemeliharaan rumput laut adalah menjaga kebersihan rumput laut dari lumpur dan kotoran.

Salah satu faktor penting untuk menunjang keberhasilan budidaya rumput laut adalah pemilihan lokasi. Faktor-faktor yang perlu diperhatikan dalam penentuan lokasi budidaya rumput laut adalah faktor resiko, faktor pencapaian dan faktor ekologis. Pemilihan lokasi budidaya tersebut harus dilakukan secara tepat dengan mempertimbangkan karakter laut yang akan digunakan sebagai lokasi budidaya. Misalnya saja lokasi di sekitar pelabuhan tentunya tidak bias digunakan sebagai lokasi budidaya karena akan menggangu dan terganggu oleh aktifitas pelabuhan

Dalam budidaya rumput laut, kegiatan pemeliharaan yang dilakukan selama pertumbuhan rumput laut yaitu membersihkan lmpur dan kotoran yang melekat pada rumput laut, menyulam tanaman yang rusak atau lepas dari ikatan, mengganti tali, dan pelampung yang rusak, serta menjaga tanaman dari serangan predator, seperi ikan dan penyu. 


Lihat Daftar Isi/Peta Situs
  

No comments:

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungannya. Jangan lupa untuk memberi komentar, kritik atau saran pada form komentar yang disediakan.