9.10.2015

Potensi Perikanan Darat

Indonesia merupakan negara yang kaya akan potensi perikanan. Selain memiliki potensi perikanan laut yang besar Indonesia juga memiliki potensi perikanan darat yang cukup besar. Potensi perikanan darat (air tawar) dapat dibedakan atas potensi perikanan pada perairan umum, seperti danau, waduk, sungai dan rawa dan potensi perikanan kolam dan budidaya mina padi.

Potensi perikanan darat di Indonesia dapat dibagi menjadi potensi perikanan di perairan umum dan potensi budidaya perikanan di kolam atau tambak. Dari perairan umum terutama diproduksi berbagai jenis ikan tangkapan dari alam, dan baru beberapa dekade terakhir ini sebagian kecil telah dibudidayakan secara komersial. Terutama dari waduk-waduk dan sebagian danau di Jawa dan Sumatera dalam rupa budidaya jaring-keramba apung untuk menghasilkan ikan-ikan mas (Cyprinus), nila (Tilapia) dan belakangan juga patin (Pangasius). Budidaya perikanan di perairan umum hampir sepenuhnya bergantung pada alam. Salah satu faktor penentu keberhasilan budidaya perikanan di perairan umum adalah pengelolaan pemanfaatan perairan tersebut dengan baik.

Tidak seperti budidaya perikanan di laut, lahan untuk budidaya perikanan di darat lebih terbatas.Sungai tak bisa dimanfaatkan untuk budidaya dalam skala besar, yang paling banyak dilakukan adalah karamba sederhana .Apalagi tingkat pencemaran air sungai saat ini relatif tinggi, jadi diperlukan biaya yang tidak sedikit untuk meningkatkan kualitas budidaya perikanan di sungai. Belum lagi jika pada musim hujan pada umumnya selalu terjadi peningkatan aliran air karena curah hujan yang tinggi dengan membawa serta lumpur dan sampah yang tentunya sangat menurunkan kualitas air di sungai.

Danau dan waduk juga terbatas jumlahnya. Sedangkan untuk membangun kolam-kolam perlu tambahan investasi untuk pengadaan lahan dan biaya pembangunannya. Seperti halnya di bidang pertanian, peningkatan budidaya perikanan secara intensifikasi lebih diharapkan daripada budidaya perikanan dengan ekstensifikasi, mengingat keterbatasan lahan tadi.

Disamping itu bisa juga diupayakan usaha tumpang sari misalnya ikan dan tanaman seperti minapadi atau budidaya yumina-bumina, atau melakukan tumpang sari antara ikan dengan hewan ternak misalnya dengan ayam (dikenal dengan kolong ayam/longyam).

Lihat tulisan lain di Peta Situs/Daftar Isi

1 comment:

  1. DIJUAL VILLA DAN TANAH,,,,ADA AIR TERJUN ALAMI MILIK PRIBADI,,,19 kolam ikan ukuran besar,,Bogor

    Luas tnh 4,7 Ha, Plus Villa nya, Di kaki Gn.Salak. Dekat dgn Kawasan Wisata Gunung Bunder, Bogor Jawa Barat..
    Kolam ikan diplester 11, Kolam ikan tanah / Empang 8 buah, Ada Air Terjun alami, ada Pos Penjaga’an/ Pos Satpam, Surat Sertifikat Hak Milk.. Cocok utk usha pmancingan,budidaya perikanan darat pusat penelitian dan laboratorium,,rekreasi dll

    Harga Rp 250Ribu/meter
    Hub. Ahmad Heri
    08125115005

    Gambar dan keterangan singkat dapat kunjungi di url dbwh ini;

    http://m.olx.co.id/iklan/dijual-rumah-villa-ada-air-terjun-dan-kolam-IDi3dk8.html?code=3b6c816495

    ReplyDelete

Terimakasih atas kunjungannya. Jangan lupa untuk memberi komentar, kritik atau saran pada form komentar yang disediakan.