11.09.2011

Pengertian Budidaya Perikanan/Budidaya Perairan/Akuakultur

Budidaya perikanan adalah usaha pemeliharaan dan pengembang biakan ikan atau organisme air lainnya. Budidaya perikanan disebut juga sebagai budidaya perairan atau akuakultur mengingat organisme air yang dibudidayakan bukan hanya dari jenis ikan saja tetapi juga organisme air lain seperti kerang, udang maupun tumbuhan air.

Dilihat dari asal katanya, istilah akuakultur diambil dari istilah dalam Bahasa Inggris yaitu Aquaculture. Terdapat beberapa definisi akuakultur seperti dikemukakan dalam beberapa sumber, dan berikut ini adalah definisi akuakultur menurut beberapa ahli:
  • Akuakultur merupakan suatu proses pembiakan organisme perairan dari mulai proses produksi, penanganan hasil sampai pemasaran(Wheaton, 1977).
  • Akuakultur merupakan upaya produksi biota atau organisme perairan melalui penerapan teknik domestikasi (membuat kondisi lingkungan yang mirip dengan habitat asli organisme yang dibudidayakan), penumbuhan hingga pengelolaan usaha yang berorientasi ekonomi (Bardach, dkk., 1972).
  • Akuakultur merupakan proses pengaturan dan perbaikan organisme akuatik untuk kepentingan konsumsi manusia (Webster’s Dictionary, 1990).

Berdasarkan kata penyusunnya budidaya perikanan tentunya tersusun dari dua kata yakni budidaya dan perikanan. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia Budidaya adalah usaha yang bermanfaat dan memberikan hasil,  Sedangkan perikanan adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan  penangkapan, pemeliharaan dan pembudidayaan ikan. Jadi budidaya perikanan adalah usaha  pemeliharaan ikan guna mendapatkan manfaat atau hasil.

Seperti yang telah dikemukakan di atas, dalam bidang perikanan pada umumnya ikan didefinisikan secara luas tidak hanya merujuk pada binatang air yang bersisik dan bernafas dengan insang, akan tetapi juga menyangkut segala organisme yang hidup di air seperti udang , kerang, hingga tanaman air.

Manfaat atau hasil yang diharapkan dari kegiatan pemeliharaan ikan juga bisa berupa produksi ikan yang bisa dijual, atau bisa juga untuk keperluan konsumsi sendiri. Disamping itu kegiatan budidaya perikanan juga bisa memberikan manfaat secara psikologis sebagai penyaluran hobi atau untuk hiburan, misalnya pada budidaya ikan hias.
Lihat Peta situs/daftar isi perikanan budidaya untuk mengetahui tulisan lain yang ada di sini
Sumber:
Bardach, J.E., Ryther, J.H., and W.L.Mc. Larney. (1972). Aquaculture . Birmingham, Alabama: Alabama Agricultural Experiment Station. Auburn University
Wheaton, F.W. (1977). Aquacultural Engineering. New York: John Willey& Sons.
Webster’s New World Dictionary. (1990). College ed. New York: The World Publ. Co.

     

3 comments:

  1. IKAN
    KHUSUS ANDA PARA PETERNAK IKAN ATAU GARAM ATAU YANG LAINNYA
    Untuk mendapatkan hasil panen ikan yang berlimpah tentunya anda membutuhkan peralatan khusus agar ikan ikan anda nantinya bias berkembang dengan sehat dan semua peralatan tentang yang berhubungan dengan itu semua bisa anda dapatkan hanya ditokokami dengan harga murah dan sangat terjangku dari pada tokolainnya serta mendapat jaminan garansi yang jelas dan hargapun bias anda nego.. hanya dengan mengunjungi toko kami di
    http://www.phmetermurah.com/
    https://www.tokopedia.com/phtester

    MOTTO KAMI “PELAYANAN DAN KUALITAS LEBIH UTAMA DARIPADA SEGALANYA”
    pada WEB diatas anda akan mendapatkan segala bentuk alat alat pertanian ataupun alat peternakan , perikanan dan alat ukur lainnya dengan harga lebih murah dari pada toko lainnya :

    HARGA BISA DI NEGO TERGANTUNG LOBI YANG ANDA LAKUKAN TENTUNYA

    ReplyDelete
  2. sangat bagus buat ta saya

    ReplyDelete

Terimakasih atas kunjungannya. Jangan lupa untuk memberi komentar, kritik atau saran pada form komentar yang disediakan.