11.14.2011

Ikan Klon

Gambar ikan klon
Gambar Ikan klon.
 Ikan klon betina memiliki ukuran yang lebih besar (atas),
jika dibandingkan dengan ikan klon jantan (bawah). 
 
Ikan klon atau clown fish merupakan salah satu jenis ikan hias laut yang disukai banyak orang di dunia sebagai pengisi akuarium air laut. Ikan klon atau ikan badut sering juga disebut sebagai ikan klon biasa atau ikan nemo yang diambil dari nama tokoh dalam sebuah film. Dalam literatur berbahasa Inggris diantaranya disebut sebagai common clownfish atau false-clown anemone fish. Nama latin ikan klon adalah Amphiprion ocellaris (Cuvier, (1830) dalam McGrouther, M. 2010).  Ikan klon memiliki tubuh berwarna oranye/jingga dengan tiga belang/ban berwarna putih pada bagian kepala, badan dan pangkal ekornya.
Ikan klon betina memiliki ukuran tubuh yang lebih besar jika dibandingkan dengan ikan klon jantan.  Hal ini tidak terlepas dari sifat karakteristrik reproduksinya dimana ikan klon memiliki karakteristik reproduksi hermaprodit protandri. Hal ini berarti bahwa setiap individu ikan klon terlahir sebagai ikan jantan namun memiliki juga organ reproduksi betina yang belum berkembang. Seiring dengan pertambahan ukuran dan umurnya ikan jantan akan berubah menjadi ikan betina  (Berends, B.  2007) . Berikut adalah taksonomi ikan clown:
Species            : Ocellaris
Genus              : Amphiprion
Family             : Pomacentridae
Ordo                : Perciformes
Sub class         : Actinopterygii
Class                : Pisces
Sub phylum     : Vertebrata
Phylum            : Chordata
Kingdom         : Animalia
Menurut Soehartono(1985), pemijahan ikan klon di daerah tropis dapat terjadi sepanjang tahun, pemijahannya hanya berlangsung beberapa hari selama bulan terang. Sedangkan dalam pemeliharaan di akuarium diketahui bahwa ikan klon dapat memijah dengan frekuensi  rata-rata sebanyak 2 kali dalam sebulan (Suarsana, 2010).
Lihat Peta Situs/Daftar Isi untuk mengetahui tulisan lain di Peribudi

Referensi:
Berends, B. 2007. Amphiprion ocellaris. http://bioweb.uwlax.edu/bio203/s2007/berends_bets/Amphiprion ocellaris .htm
McGrouther, M.  2010.  Animal species: False-Clown Anemonefish, Amphiprion ocellaris (Cuvier,1830).  http://australianmuseum.net.au/False-Clown-Anemonefish-Amphiprion-ocellaris-Cuvier-1830.
Suarsana, I K. 2010.  Teknik Pemeliharaan dan Pemijahan Ikan Clown (Amphiprion Ocellaris).  Prosiding Pertemuan Teknis Teknisi Litkayasa Kementerian Kelautan dan Perikanan (131-134).  Jakarta: Badan Riset Kelautan dan Perikanan.
Soehartono, L. 1985. Akuarium air laut. C.V Fajar Abadi. Jakarta.
  

No comments:

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungannya. Jangan lupa untuk memberi komentar, kritik atau saran pada form komentar yang disediakan.